Visi & Misi

1.  Visi

Visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan, untuk mewujudkan satu sasaran yang mungkin dicapai dalam jangka waktu tertentu. Visi bukan merupakan jargon dan atau motto. Visi hendaknya dirumuskan secara singkat dan padat, namun tidak tertutup kemungkinan rumusan visi tersebut dilengkapi dengan uraian singkat yang menjelaskan maksud kata, kalimat dan atau anak kalimat.

Visi merupakan bagian dari suatu perencanaan pembangunan, dan visi juga menjadi landasan pacu dari sejumlah program kegiatan yang ditetapkan sebagai implementasi dari Misi. Oleh karena itu visi dapat menjadi motivator dan akselerator bagi kegiatan dan pada fase tertentu, yang semoganya dapat mendorong pastisipasi masyarakat secara aktif dalam pencapaian visi tersebut.

          Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tabalong mempunyai visi :

“Terwujudnya Masyarakat dan Aparatur Kabupaten Tabalong yang Taat Terhadap Peraturan Perundang-undangan Dalam Menuju Masyarakat Yang Agamis, Sejahtera dan Mandiri”

Penjelasan dari Visi diatas adalah suatu keadaan dimana masyarakat dapat melaksanakan aturan sebagai dasar pelaksanaan kegiatan dan masyarakat dapat pula menerima dengan senang hati semua kebijakan yang diberikan berlandaskan agama untuk menuju kesejahteraan dan kemandirian.

Secara keseluruhan Visi ini mengandung pengertian bahwa Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tabalong dapat mewujudkan kondisi masyarakat dan aparatur yang taat pada semua peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga tercipta masyarakat yang agamis, sejahtera dan mandiri.

2. Misi

Misi yang diemban untuk pencapaian Visi Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tabalong adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kenyamanan lingkungan, ketentraman dan ketertiban umum.
  2. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia / Aparatur Satpol PP.
  3. Meningkatkan operasional serta pengawasan di lapangan.
  4. Melaksanakan Pembinaan, Penataan dan Penertiban.
  5. Mendukung peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
  6. Mensosialisasikan Peraturan Daerah dan Keputusan Bupati.
  7. Meningkatkan pelayanan prima pada penanggulangan   bencana.

Misi Pertama merupakan misi untuk meningkatkan rasa nyaman, tentram dan tertib dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Tabalong.

Misi Kedua merupakan misi untuk meningkatkan kemampuan aparatur Satpol PP Kabupaten Tabalong dalam melaksanakan tugas dan fungsinya

Misi Ketiga merupakan misi untuk memonitor semua kegiatan masyarakat Kabupaten Tabalong supaya berjalan dengan baik dan tidak mengganggu ketentraman dan ketertiban umum.

Misi Keempat merupakan misi untuk mengatur semua kegiatan masyarakat Kabupaten Tabalong agar tertata dengan baik sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Tabalong.

Misi Kelima merupakan misi untuk membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan melakukan penegakkan terhadap Peraturan Daerah.

Misi Keenam merupakan misi untuk menyebarluaskan semua Peraturan Daerah/Keputusan Kepala Daerah sehingga dapat diketahui dan ditaati oleh masyarakat Kabupaten Tabalong.

Misi Ketujuh merupakan misi untuk kesiapan aparat  Damkar dalam menangani bencana kebakaran, sehingga cepat teratasi apabila adanya bencana kebakaran.